2013/06/20

JURUSAN PALING BANYAK DICARI PERUSAHAAN

Buat kamu yang sebentar lagi mau lulus, seneng dong pastinya, akhirnya bakal jadi sarjana juga. Tapi abis itu pasti kamu kepikiran juga kan, abis lulus bakal langsung dapat kerja gak ya? Atau mungkin kamu masuk di golongan para fresh-grad yang udah berbulan-bulan ngirim lamaran kemana-mana tapi gak pernah dapat panggilan juga? Tenang sob, dunia kerja tuh luas banget, lowongan kerjaan sebenarnya juga banyak, Cuma kadang kita terlalu terpaku sama satu hal doang. Nah kali ini kami mau kasih bocoran nih, jurusan-jurusan apa aja yang lagi dicari sama perusahaan saat ini.
Di Amerika, baru-baru ini ada satu penelitian tentang dunia kerja di tahun 2013 yang dibuat oleh Asosiasi Nasional Kampus & Perusahaan (The National Association of Colleges and Employers), yang mengatakan kalau di tahun ini berbagai perusahaan akan lebih banyak membuka lowongan untuk para fresh-graduater. Penelitian itu bahkan menyebutkan bahwa kuota yang disediakan bakalan meningkat 13% dibanding tahun lalu. Membaiknya kondisi ekonomi menjadi salah satu alasan perusahaan berani untuk membuka lebih banyak lapangan pekerjaan.
Trus, perusahaan-perusahaan apa aja sih yang sekarang lagi gencar banget butuhin tenaga ahli muda macam kamu ini? Nih jenis perusahaan yang kemungkinan besar lagi buka banyak lowongan :
  • Perusahaan industri Kimia dan Farmasi
  • Perdagangan Ritel
  • Perusahaan Komputer dan Elektronik
  • Asuransi
  • Real Estate/Properti
  • Perusahaan jasa Keuangan & Perbankan
  • Konsultan Manajemen
  • Perusahaan bidang Layanan Profesional

LULUSAN YANG DIPEREBUTKAN PERUSAHAAN

Nah buat kamu yang masih galau cari kerja, ini 4 lulusan yang saat ini paling banyak dicari sama perusahaan. Biar kamu gak galau lagi, baca dulu nih lulusan dari jurusan apa aja sih yang punya prospek paling bagus buat menapaki karir di masa depan.
Teknik Komputer/Teknik Informasi (TI)

teknik komputer
We’re living in the online world now!Perkembangan teknologi komputer dan internet dalam satu dekade belakangan ini emang melaju sangat pesat banget. Hidup kita setiap hari mulai dari bangun tidur sampai mau tidur lagi, pasti gak pernah lepas dari yang namanya teknologi, khususnya komputer dan internet. Mulai dari yang manfaatin internet buat nyari materi kuliah, main game online, baca situs berita, update status, dan banyak hal lagi bisa dilakukan dengan gampang saat ini berkat kemajuan teknologi komputer dan internet. Buat kamu yang lulusan Teknik Komputer atau Teknik Informasi, banyak peluang karir terpampang luas banget didepan kamu. Apalagi nih kalau kamu punya skillkomputer yang lebih, kayak bikin coding dan programming, trus sering bikin aplikasi waktu jaman kuliah, wuih kamu gak usah khawatir. Jelasin semua skill dan pengalaman kamu di CV dengan jelas dan detail, dijamin nih perusahaan-perusahaan bakal ngantri buat ngerekrut kamu.
Bisnis dan Manajemen 

bisnis manajemen
Jurusan ini dari dulu udah dianggap sebagai salah satu jurusan yang selalu punya masa depan yang bagus. Kenapa? Karena lulusan bisnis dan manajemen itu fleksibel, bisa ditempatkan di area mana aja, mulai dari manajemen perusahaan, keuangan, statistik ekonomi, sampai ke marketing. Bisnis itu kan menyakup banyak bidang, makanya lulusan bisnis dan manajemen dianggap punya keahlian yang lebih luas untuk mendukung berkembangnya suatu perusahaan. Tapi nih kamu mesti ingat, lulusan jurusan ini tuh banyak banget, otomatis pesaing kamu juga banyak. Terus gali dan pelajari apa kelebihan kamu yang bisa dijadiin nilai jual plus ke perusahaan. Kalau misalnya kamu dapat tawaran tuk magang pas waktu nunggu jadwal wisuda, ambil aja soalnya itu bagus buat jadi batu loncatan kamu. Siapa tahu kan abis wisuda kamu langsung diajak bergabung ke perusahaan itu.
Akutansi/Keuangan

akuntansi
Jurusan yang satu ini juga jadi salah satu jurusan favorit dari jaman dulu. Setiap perusahaan, dari yang kecil sampai yang skala multinasional pasti butuh pegawai untuk ngurus masalah keuangan perusahaan. Gak Cuma di bagian keuangan perusahaan aja lho area kerjanya, lulusan jurusan ini juga dicari sama perusahaan investasi untuk jadi pengatur rencana investasi nasabah, atau bisa juga jadi penasihat keuangan di perusahaan. Biasanya nih buat bagian keuangan, kamu mesti mulai dari posisi bawah dulu, ya jadi staff keuangan dulu lah. Gak usah khawatir, gunain itu sebagai tempat buat kamu belajar nambah pengalaman danskill, saat keahlian kamu bertambah pasti posisi dan penghasilan kamu juga bakal ikut meningkat.
Marketing 
marketing
Ini masih banyak salah kaprah kalau ngomongin marketing, ada yang nganggap lulusan marketing Cuma bisa kerja jualan aja. Marketing dan Sales itu beda lho guys, biarpun tujuan akhirnya sama aja, sama-sama berusaha membuat pemasukan perusahaan sekin besar. Sales lebih terfokus ke menjual produk atau jasa dari perusahaan itu, sedangkan marketing tugasnya membuat sistem dan strategi cara memasarkan produk dan jasa yang dipunya perusahaan. Biar nilai kamu sebagai pencari kerja lebih tinggi dimata perusahaan, pelajari banyak bidang yang terkait dengan ilmu marketing. Apalagi kalau kamu punya daya kreativitas yang tinggi, mampu membuat ide-ide pemasaran yang cerdas, bisa menulis kreatif untuk bahan iklan, pasti banyak perusahaan yang mau untuk menerima kamu bergabung bersama mereka.
Buat kamu yang jurusannya gak disebutin di daftar tadi, gak usah kecil hati guys. Semua bidang ilmu dan industri itu selalu berkembang, meskipun antara bidang satu dengan yang lain itu gak selalu sama kecepatannya. Kuncinya, jangan pernah malas dan takut untuk belajar hal baru diluar bidang yang selama ini kamu pelajari. Fokus pada bidang yang kamu minati, pelajari dengan maksimal, asah terus keahlian kamu, hal tersebut pastinya akan berguna banget buat masa depan kamu sendiri. Keep optimist guys!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar