2013/06/13

Aneka Inspirasi Bisnis Untuk Mahasiswa


Masa muda adalah masa yang penuh semangat. Termasuk dalam hal berbisnis. Semangat untuk memulai berbisnis banyak ditemui dalam diri anak muda, terutama mereka yang tengah mengenyam pendidikan di bangku kuliah. Meski banyak orang mencap mahasiswa sebagai anak-anak yang masih bergantung pada orangtua, tetapi tak bisa disangkal banyak dari mereka yang mampu menunjukkan kepiawaian dalam berwirausaha. Sebagian besar lainnya, walaupun belum menghasilkan usaha yang nyata dan menghasilkan laba yang signifikan, sudah tergerak untuk menekuni dunia wirausaha tetapi masih terganjal sejumah faktor. Di antaranya yang paling sering didengar adalah kurangnya waktu yang bisa dialokasikan untuk berbisnis, ketakutan akan gagal, kurang luasnya jaringan, kebingungan dengan minat dan bidang usaha yang akan digarap, dan sebagainya.
Tentang faktor kebingungan mengenai minat dan bidang usaha yang akan digarap, sebenarnya hal ini bisa dipecahkan dengan membuka mata dan telinga seluas-luasnya. Artinya, mahasiswa bisa lebih peka dalam mengetahui apa yang mereka inginkan untuk tekuni dan kerjakan jika mereka mau bersungguh-sungguh dalam membuka pikiran terhadap semua hal yang ada di sekitarnya. Semakin terbuka, semakin besar peluang untuk mendapatkan ide bisnis yang brilian dan profitable.

Nah, apabila Anda adalah mahasiswa yang sedang kebingungan untuk memulai sebuah usaha sembari menjalani kuliah tetapi belum tahu ide bisnis yang sebaiknya digarap, kumpulan ide bisnis berikut ini mungkin bisa memberikan sedikit pencerahan. Selamat menyimak.
 
Bimbingan belajar
Kecuali untuk orang-orang yang cuek dengan prestasi dan asal kuliah, selalu akan ada mahasiswa yang mencari bantuan orang lain yang lebih menguasai mata kuliah yang mereka anggap sulit demi grafik Indeks Prestasi yang stabil. Anda bisa memanfaatkan celah ini sebagai peluang bisnis yang menguntungkan. Dirikan sebuah layanan bimbingan belajar yang membantu mereka ini. Anda bisa melakukan pembimbingan sendiri atau mempekerjakan orang lain atau sesama rekan mahasiswa yang Anda anggap kompeten dalam bidang yang diberikan.
Jangan membatasi diri untuk hanya belajar aspek akademis. Saat menjalankan usaha, Anda juga perlu memperluas hingga bidang non-akademis, misalnya memberikan bimbingan bagi mereka yang hendak memiliki surat izin mengemudi, belajar olah vokal, basket, bermain gitar dan sebagainya. Yang terpenting adalah Anda memiliki kesabaran ekstra dalam membimbing.
 
Bisnis online
Anda bisa memulai bisnis online dari kamar tidur. Anda bisa membuat situs, blog atau toko e-commerce yang menghasilkan pemasukan pasif meski Anda harus mengikuti perkuliahan. Jika situs atau blog Anda sudah mendapat tempat di hati pembaca dan banyak dikunjungi, coba tawarkan ruang untuk beriklan di halaman utamanya, atau iklan dalam berbagai bentuk kepada perusahaan besar yang memiliki relevansi dengan konten yang Anda muat. Dengan demikian, perusahaan tersebut bisa dikenal oleh pembaca situs/ blog dan Anda bisa menikmati keuntungan. Dengan semakin banyaknya orang yang bisa mengakses internet, peluang usaha semacam ini juga makin terbuka lebar. Jika Anda seorang mahasiswa yang suka menulis atau menyukai dunia maya untuk berinteraksi dan menuangkan gagasan, cobalah peluang ini. Syaratnya diperlukan ketelatenan dan displin diri yang keras untuk membangunnya setiap hari. Meski mudah memulainya, keberhasilan dalam bisnis online (seperti halnya bisnis di dunia nyata ) memerlukan waktu dan tenaga. Jadi jangan  berharap bisa meraup untung dalam waktu singkat dengan sedikit kerja keras.
 
Jual beli dan simpan pinjam buku kuliah bekas
Siapa yang tidak butuh buku murah jaman sekarang? Saat biaya pendidikan semakin membubung, peserta didik dari jenjang sekolah dasar hingga perguruan tinggi yang kurang mampu terus terbebani. Siswa dan mahasiswa selalu membutuhkan buku teks dan Anda bisa memberikan mereka buku teks yang lebih murah dari yang baru tanpa mengorbankan fungsinya dalam menunjang proses belajar. Anda bisa membeli buku bekas yang masih layak digunakan dengan harga yang murah dari para pengumpul buku atau dari rumah ke rumah. Atau Anda bisa juga merancang sebuah program pertukaran buku yang memfasilitasi para peserta didik yang ingin menemukan buku atau meminjamkan buku yang sudah tidak mereka butuhkan lagi. Anda bisa menjual buku-buku bekas tersebut.

Koran/situs kampus
Mungkin Anda pernah menemukan beberapa situs warta kampus atau koran kampus yang konvensional. Nah, tugas Anda adalah bagaimana membuat sebuah situs atau blog atau media kampus yang lebih mengerti aspirasi dan keinginan masyarakat kampus. Anda bisa mengajak beberapa teman untuk mendirikan blog atau situs yang menyediakan berbagai macam informasi yang sering terlupa dan remeh tetapi penting dalam kegiatan sehari-hari mahasiswa. Misalnya, tempat kos yang nyaman dan murah, daftar rumah makan atau katering yang terjangkau tetapi sehat dan bergizi, atau cara berobat hemat ke poliklinik kampus atau perawatan kesehatan lain yang jarang terlintas di pikiran kita tetapi terbukti sangat berguna bila tersedia di Internet. Isu terbaru di lingkungan kampus atau kebijakan rektorat yang patut disebarluaskan pun bisa menjadi magnet bagi para pembaca agar senantiasa mengunjungi situs. Saat sudah ramai, Anda bisa mengembangaknnya menjadi bisnis yang menguntungkan dengan memasang iklan, membangun komunitas yang loyal, meluncurkan layanan atau produk, dan sebagainya.

Laundry anak kos
Angkat tangan Anda jika semasa kuliah Anda kewalahan harus mencuci sendiri pakaian kotor Anda. Menjalani perkuliahan yang padat dan mengerjakan tugas-tugas dan makalah sudah menyita banyak waktu dan tenaga. Dan ditambah pekerjaan mencuci dan menyeterika pakaian, semua ini seolah tak ada habisnya. Bagi mahasiswa yang tinggal di kos, lebih praktis untuk menggunakan jasa laundry yang terjangkau daripada harus membeli deterjen, mencuci dan menyeterika semua pakaiannya sendiri. Terutama di musim-musim ujian, bisnis semacam ini bisa menuai banyak untung.

Bisnis sewa kamera
Mungkin kamera untuk fotografi saat ini sudah umum di kalangan mahasiswa, mereka pun terkadang saling pinjam meminjam untuk mengabadikan sebuah gambar di momen-momen tertentu. Para mahasiswa biasanya banyak yang suka dengan fotografi, namun harga kamera yang mencapai puluhan juta tak semua orang mampu menjangkaunya.Menyewakan kamera yang kita miliki untuk teman-teman kampus, nampaknya akan menjadi Bisnis sampingan bagi mahasiswa yang cukup menjanjikan. Kita pun bisa juga menambah properti lain untuk disewakan seperti handycam dan kamera digital dengan harga sewa yang lebih murah.
 
Bisnis sewa laptop
Laptop memang bukan hal yang baru di kalangan anak kuliah, namun pada kenyataannya masih banyak mahasiswa yang belum memiliki laptop. Maka ini adalah kesempatan bisnis untuk kita, kita bisa menyewakan laptop dengan harga yang bersahabat khusus untuk teman-teman di kampus.
 
Bisnis Pulsa Elektrik
Bisnis ini paling mudah untuk dilakukan. Kita tidak harus memiliki counter pulsa, karena satu-satunya alat yang sangat bermanfaat adalah HP. Hanya dengan mendatangi distributor pulsa elektronik terpercaya, beli pulsa semampu kita, dan jual kepada teman-teman di kampus. Kita harus pintar melihat peluang. Biasanya banyak mahasiswa yang malas ke kios pulsa karena kesibukan tugas, atau malas berjalan. Bahkan, jika telah memiliki banyak pelanggan, pada saat dalam keadaan yang sangat penting dan situasi yang tidak memungkinkan untuk membeli pulsa, maka mereka akan menghubungi Anda. Cara mencari distributor pulsa pun tidak sulit. Jika merasa sayang di ongkos, tinggal di beberapa situs di internet, salah satunya http://www.kios-pulsa.com/ atau http://www.idwebpulsa.com/.
 
Bisnis Clothing
Bisnis ini dapat di lakukan tanpa harus memiliki toko baju atau distro. Tentunya kita harus update mengenai trend fashion, mengetahui harga kain, harga pasaran pakaian dan memiliki kenalan konveksi atau tukang jahit. Lebih bagus lagi jika Anda jago mendesain. Kerjasama dengan konveksi lebih menekan harga dibanding kerjasama dengan penjahit. Tapi, tentunya untuk kerjasama dengan konveksi tidak bisa hanya satu atau dua potong baju, tapi dengan permintaan potongan baju yang banyak dan model yang sama. Misalnya untuk pembuatan kaos panitia acara, atau jaket kelas. Ini dikarenakan adanya perhitungan dari pemakaian bahan untuk produksi, dan cetakan baju. Semakin banyak permintaan, maka akan terhitung lebih murah. Akan tetapi, jika sangat menyukai dunia fashion dan jago mendesain, tawarkan contoh desain Anda ke pelanggan, dan meminta penjahit langganan untuk membuatkannya. Bisnis ini dapat berjangka panjang, di mana kita dapat membut butik sendiri nantinya. Selain itu, kita dapat bekerjasama dengan beberapa toko pakaian. Berkomunikasilah dengan pemiliknya, minta izin untuk mengambil foo dari baju-baju tersebut. Dan bicarakan mengenai mekanisme kerja serta pembagian hasilnya.
Tentunya kita harus pintar mencari peluang. Misalnya dengan mendekati teman-teman yang sedang menggarap acara tertentu, seperti penerimaan mahasiswa baru, acara musik kampus, serta berbagai acara yang diadakan oleh organisasi dan komunitas tertentu di kampus. Bila ingin menjual per potong baju, maka carilah tongkrongan anak-anak yang sangat menyukai fashion, dan suka mencoba jenis baju yang baru. Yakinkan mereka, jika baju yang dijual akan membuatnya semakin menarik. Cara berbisnis ini juga dapat dilakukan pada bisnis sepatu.
 
Ojek 
Banyak mahasiswa yang malu untuk menjadi ojek. Seolah ojek adalah pekerjaan rendahan yang sangat hina. Jangan salah, ojek seringkali cukup membuat seseorang untuk memberi makan seluruh keluarganya. Untuk itu, jangan sia-siakan motor Anda. Pelanggan yang lebih mudah didapat adalah ibu-ibu komplek rumah, atau teman yang jarak rumahnya berdekatan. Jadi jangan pernah malu selama  tidak melakukan kejahatan.
 
Rental Komik/novel
Jika Anda sangat suka mengoleksi komik atau buku, ini saatnya untuk memanfaatkannya. Kumpulkann buku-buku kuliah di semester awal, serta berbagai buku lainnya. Jika hanya sedikit, Anda bisa kerjasama dengan teman.Bila belum memiliki modal untuk tempat, maka rental buku ini bisa dilakukan di rumah atau kosan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar