2013/06/20

Prospek Kerja Jurusan Manajemen

LULUSAN MANAJEMEN ? (KOMPETENSI YANG HARUS DIMILIKI MAHASISWA MANAJEMEN DALAM BERSAING DI DUNIA KERJA )

Salah satu permasalahan klasik yang sering terdengar adalah keluhan bahwa lulusan manajemen sangat sulit dalam mencari kerja. Pertanyaan yang muncul “apakah ada yang salah dengan dunia kerja atau ada kesalahan mengenai kompetensi lulusan jurusan manajemen ?”.
Dalam kajian yang dilakukan oleh departemen Penelitian & Pengembangan dapat disimpulkan beberapa hal yang harus dimiliki oleh mahasiswa jurusan manajemen.
Berbicara tentang kompetensi yang harus dimiliki mahasiswa manajemen dalam persaingan dunia kerja, maka kita berbicara tentang kompetensi apa yang akan membedakan mahasiswa manajemen dengan mahasiswa jurusan lainya terutama dalam dunia kerja. Dari hasil kajian yang kami lakukan dapat diketahui baha lulusan jurusan manajemen diperlukan di semua perusahaan. Hal ini dikarenakan selama kuliah, mahasiswa jurusan manajemen menerima hard skill mengenai pengelolaan sebuah organisasi/ perusahaan dari berbagai sisi di antaranya keuangan, pemasaran, operasional , sumber daya manusia, dan sebagainya.
Secara empiris, kita dapat memberi contoh bahwa ketika mahasiswa belajar mengenai optimalisasi produksi perusahaan berdasarkan perhitungan derivatif matematika. Hal ini berarti manajemen pun memiliki ilmu yang teoritis dan dapat menyelesaikan masalah yang pasti. Kami memiliki pertanyaan retorik yang dapat kami kemukakan yaitu “perusahaan mana yang tidak memiliki sisi operasi?”. Mahasiswa manajemen lah yang memiliki kunci akan kesuksesan manajemen perusahaan tersebut karena mahasiswa manajemen memang berkonsentrasi dalam hal pencapaian suatu tujuan yang dilakukan secara bersama-sama.
Kemudian, lulusan manajemen pun idealnya dapatberpikir secara rasional untuk menyelesaikan berbagai masalah dan membuat keputusan berdasarkan analisisnya karena sejak kuliah, mahasiswa diajarkan untuk berpikir mengenai kasus yang dinamis sehingga lulusan manajemen memiliki pengetahuan yang luas mengenai pemecahan masalah. Salah seorang dosen pernah mengatakan bahwa “Tidak ada satu jawaban yang dapat menyelesaikan semua masalah manajemen”. Kalimat ini digunakan untuk menjawab sebuah pertanyaan dari mahasiswa mengenai mana yang lebih baik antara perusahaan yang memiliki banyak utang atau sedikit utang. Jawaban tersebut menyadarkan mahasiswa bahwa memang selalu ada jawaban yang berbeda atas pertanyaan yang sama tetapi memiliki kondisi dan syarat yang berbeda. Jadi mahasiswa manajemen terus dilatih untuk berpikir kritis dan rasional serta memiliki kapabilitas untuk memecahkan masalah serta membuat keputusan.
Selain berbicara mengenai kemampuan hard skill hal yang juga sangat penting dimiliki mahasiswa manajemen adalah kemampuan soft skill. Berdasar hasil survey Nasional Assosiation of Colleges and Employers USA (2002) terhadap 457 pimpinan perusahaan menyatakan bahwa Indeks Kumulatif Prestasi (IPK) bukanlah hal yang dianggap penting dalam dunia kerja. Yang jauh lebih penting adalah sotfskill antara lain kemampuan komunikasi, kejujuran, kerjasama, motivasi, kemampuan beradaptasi dan kemampuan interpersonal dengan orientasi nilai pada kinerja yang efektif. Dalam hal ini ada kecenderungan bahwa apa yang diberikan di bangku kuliah tidak sepenuhnya sesuai dengan kebutuhan di lapangan kerja. Dan gap itu adalah softskill. Kemampuan nonteknis yang tidak terlihat wujudnya (intangible) namun sangat diperlukan itulah prinsipnya yang disebut dengan softskill.
Soft Skill adalah keterampilan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain dan keterampilan dalam mengatur dirinya sendiri yang mampu mengembangkan unjuk kerja secara maksimal. Soft Skill sendiri dibagi menjadi dua aspek yaitu teknis dan non teknis. Aspek teknis berhubungan dengan latar belakang keahlian atau kebutuhan yang diperlukan di dunia kerja sedangkan aspek non teknis mencakup motivasi, adaptasi komunikasi, kerjasama, problem solving, manajemen stress dan kepemimpinan. Dengan memiliki dua kompetensi yaitu hard skill dan soft skill, Mahasiswa Manajemen akan dapat bersaing di dunia kerja bahkan dapat dengan mudah dalam mendapatkan pekerjaan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar